Kumpulan Logo Komite Sekolah Terbagus dan Terlengkap

Logo Komite Sekolah – Hai sob, balik lagi dengan mimin tamvan. Seperti biasanya mimin selalu hadir kehadapan kalian dengan beragam penjelasan dan hal-hal menarik pada setiap perjumpaannya. Dan jumpa kali ini, mimin sajikan beragam gambar logo komite sekolah, selengkapnya dapat kalian simak dibawah ini sob.

Logo Komite Sekolah

Membahas mengenai, komite sekolah ialah suatu lembaga mandiri di lingkungan sekolah dan berperan dalam peningkatan mutu pelayanan dengan memberikan pertimbangan, arah, dan dukungan tenaga, sarana, dan prasarana serta pengawasan pada tingkat satuan pendidikan (sekolah).

1. Logo Komite Sekolah Pertama

Logo Komite Sekolah

Adapun tampak pada gambar diatas ialah tampilan gambar logo ” KOMITE SEKOLAH  SDN KAPUK 08 PT JAKARTA “. Membahas mengenai komite sekolah, bahwa Komite Sekolah ialah suatu badan mandiri yg mewadahi peran serta masyarakat dalam rangka meningkatkan mutu, pemerataan, dan efisiensi pengelolaan pendidikan di satuan pendidikan, baik pada pendidikan pra sekolah, jalur pendidikan sekolah maupun jalur pendidikan di luar sekolah (Kepmendiknas nomor: 044/U/2002).

2. Logo Komite Sekolah Kedua

Logo Komite Sekolah

Berkaitan dengan komite sekolah bahwasanya, komite sekolah ialah badan mandiri yg tidak ada kaitannya dengan sekolah maupun lembaga pemerintah lainnya. Komite sekolah dengan sekolah sama-sama bersifat mandiri, namun tetap keduanya memiliki hubungan mitra yg dibangun atas dasar kerja sama. Selain itu, peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 75 Tahun 2016 terkait Komite Sekolah menyatakan kalau komite sekolah  sendiri diartikan sebagai lembaga mandiri yg beranggotakan orang tua/wali peserta didik, tokoh masyarakat, dan komunitas sekolah yg peduli terhadap pendidikan.

Baca Juga  Kumpulan Model Pagar Rumah Setengah Tembok Terbagus

3. Logo Komite Sekolah Ketiga

Logo Komite Sekolah

Maksud dibentukanya komite sekolah ialah agar suatu organisasi masyarakat sekolah yg mempunyai komitmen dan loyalitas serta peduli terhadap peningkatan kualitas sekolah. Adapun tujuan dibentuknya komite sekolah ialah untuk dapat mewadahi dan menyalurkan aspirasi dan prakarsa masyarakat dalam melahirkan kebijakan operasional dan program pendidikan di satuan pendidikan. Yg mana secara tidak langsung dapat meningkatkan tanggung jawab dan peran serta aktif dari seluruh lapisan masyarakat dalam penyelenggaraan pendidikan terhadap satuan pendidikan.

4. Logo Komite Sekolah Keempat

Logo Komite Sekolah

Tampak pada gambar diatas ialah logo komite sekolah ” KB TK ALIF “. Pada Jenjang TK, anggota komite sekolah sendiri terdiri dari 7 orang, dengan rincian 3 orang dari unsur perwakilan orang tua/wali dari siswa yang masih aktif, 2 orang dari unsur tokoh masyarakat dan 2 orang dari unsur pakar pendidikan.

5. Logo Komite Sekolah Kelima

Logo Komite Sekolah

Adapun yg kalian lihat pada gambar diatas ialah logo komite SD ” SEKOLAH QUANTUM INDONESIA “. Pada Jenjang SD, anggota komite sekolah terdiri dari 13 orang, dengan rincian 6 orang dari unsur perwakilan orang tua/wali dari siswa yang masih aktif, 4 orang dari unsur tokoh masyarakat dan 3 orang dari unsur pakar pendidikan atau sebaliknya (3 orang dari unsur tokoh masyarakat dan 4 orang dari unsur pakar pendidikan.

6. Logo Komite Sekolah Keenam

Logo Komite Sekolah

Kalau ditanya mengenai tugas komite sekolah sangatlah beragam ya sob, mulai dari dapat mendorong tumbuhnya perhatian dan komitmen masyarakat terhadap penyelenggaraan pendidikan yg bermutu, melakukan kerjasama dengan masyarakat (perorangan/organisasi/dunia usaha/dunia industri) dan pemerintah berkenaan dengan penyelenggaraan pendidikan yg bermutu, menampung dan menganalisis aspirasi, ide, tuntutan, dan berbagai kebutuhan pendidikan yg diajukan oleh masyarakat, memberikan masukan, pertimbangan, dan rekomendasi kepada satuan pendidikan mengenai hal-hal terkait pendidikan, dapat mendorong orangtua dan masyarakat berpartisipasi dalam pendidikan guna mendukung peningkatan mutu dan pemerataan pendidikan, menggalang dana masyarakat dalam rangka pembiayaan penyelenggaraan pendidikan di satuan pendidikan serta Melakukan evaluasi dan pengawasan terhadap kebijakan, program, penyelenggaraan, dan keluaran pendidikan di satuan pendidikan.

Baca Juga  Kumpulan Gambar Elsa Frozen Terbagus dan Terlengkap

7. Logo Komite Sekolah Ketujuh

Logo Komite Sekolah

Dinyatakan secara tegas, bahwa komite sekolah merupakan lembaga mandiri dan bersifat independen. Kedudukan komite sekolah tidak berada dibawah bayang-bayang kekuasaan kepala sekolah. Sehingga terkait pengangangkatan dan pemberhentian komite sekolah ialah melalui rapat wali murid oleh karena itu yg berhak memberhentikan dan membubarkan ialah hak wali murid bukannya oleh kepala sekolah.

8. Logo Komite Sekolah Kedelapan

Logo Komite Sekolah

Perlu untuk kalian ketahui sob bahwa, Anggota Komite Sekolah dipilih secara akuntabel dan demokratis melalui rapat orangtua/wali Peserta Didik. Adapun masa jabatan keanggotaan Komite Sekolah paling lama 3 (tiga) tahun dan dapat dipilih kembali untuk jabatan selanjutnya.Sebagai Implementasi program pendidikan Dasar yg merupakan landasan dari tujuan pendidikan Nasional dan juga sebagai titik tolak pelaksanaan program pendidikan dalam upaya mencapai tujuan pendidikan nasional, dengan sasarannya adalah anak didik yang sesuai dengan kondisi sekarang.

9. Logo Komite Sekolah Kesembilan

Logo Komite Sekolah

Adapun yg kalian lihat pada gambar diatas ialah gambar logo komite sekolah ” SD NEGERI 2 UTAN “. Membahas mengenai komiter sekolah bahwa, komite sekolah harus mampu meyakinkan orang tua, pemerintah setempat, dunia usaha, dan masyarakat pada umumnya bahwa sekolah itu dapat dipercaya. Dengan demikian, sekolah pada tataran teknis perlu mengembangkan kemampuan menganalisis biaya sekolah yg berkorelasi signifikan terhadap mutu pendidikan yg diperolehnya.

10.  Logo Komite Sekolah Kesepuluh

Logo Komite Sekolah

Awal terbentuknya komite sekolah berdasarkan atas keputusan mentri nasional No.014/U/2002 tanggal 2 april 2002 maka Badan Pembantu Penyelenggara Pendidikan (BP3) dinyatakan tidak berlaku lagi. Sebagai gantinya pada tingkat satuan dapat dibentuk komite sekolah atas prakarsa masyarakat. UUSPN No 20 tahun 2003 pasal 56 ayat 3 menyatakan  kalau komite sekolah / madrasah sebagai lembaga mandiri dibentuk dan berperan penting untuk dapat meningkatan mutu pelayanan dengan memberikan pertimbangan, arahan dan dukungan tenaga, sarana prasarana, serta pengawasan pendidikan pada tingkat satuan pendidikan.

Baca Juga  Kumpulan Gambar Wayang Ramayana Yang Epik dan Terbaik

Demikian sudah sajian ragam gambar logo komite sekolah kali ini, semoga akan dapat berguna dan bermanfaat untuk kalian semua.

Mimin pamit undur diri, sekian dan terimakasih.

Leave a Comment